Ngalor Ngidul Judul

Membuat judul tulisan tak pernah mudah untukku. Jangankan judul cerita, judul entry blog ala diary saja aku nyerah. Tidak mengherankan sih, karena judul buku-buku berkesan yang pernah kubaca saja aku tak hapal, kecuali “Tesa”:-P. Begitu juga dengan judul lagu. Lah, kalau mengingat judul yang sudah ada aja susah, apalagi membuatnya kali ya:-)

Dulu aku sering protes dengan judul lagu-lagu Indonesia. Kok nggak kayak lagu barat saja yang biasanya judulnya diambil dari kalimat di bagian refrain. Orang kan biasanya justru lebih hapal refrain. Judul panjang pun tak mengapa, tetap lebih mudah menghapalnya. Kalau begini kan praktis:-). Tapi mungkin memang di dunia lagu yang lebih penting adalah orang akrab, mudah mengingat sebuah lagu. Orang biasanya mendengar lagu diputar (berulang) hingga akrab irama dan liriknya. Judul hanya penanda saja.

Berbeda dengan tulisan. Tulisan biasanya hanya dibaca sekali. Tulisan juga biasanya lebih panjang daripada lirik lagu. Jadi sebelum membaca, orang ingin sudah dapat gambaran isi tulisan. Dan itu didapat dari judul. Maka judul yang pas menentukan apakah tulisan itu dibaca atau tidak. Meskipun terus terang aku lebih sering gagal memperkirakan isi tulisan dari membaca judulnya. Apalagi buku fiksi. Apalagi novel. Apalagi judulnya singkat. Kadang setengah putus asa aku bertanya dalam hati: lalu untuk apa dikasih judul sih kalau toh susah nebak isinya juga. Untuk pelengkap atau mempercantik mungkin ya atau justru memang untuk membuat penasaran atau kesan misterius?

Nah, pemberian judul lagu Indonesia sepertinya memakai kaidah yang sama dengan pemberian judul tulisan. Judul menggambarkan isi lagu. Jadilah susah menghapalnya. Aku maksudnya, yang susah menghapal. Tambah lagi, aku memang lemot di urusan hapalan…hiks…

Demikianlah ngalor ngidul ngarang Si Penghapal dan Pembuat Judul Lemot:-)

Leave a Reply

Tentang

Senang menulis, cinta dunia anak. Dan ini diary kepenulisan saya.

salam,
echa

Masukkan alamat e-mail Anda untuk mengikuti blog ini via e-mail. Terima kasih.

Kategori

Arsip

